Kamis, 10 Januari 2013

Manajemen Pemasaran: Analisis Kasus 4



PERMASALAHAN RUMAH SAKIT “CITRA MEDICAL”

Gambaran Umum
            Rumah Sakit Citra Medical dibangun dikawasan elit Pondok Indah Permai yang bertaraf Internasional dengan berbagai fasilitas dan layanan medis bagi para pasien. Namun bagi pasien layanan yang lengkap tidak cukup namun yang terpentinh adalah tingkat kesembuhan pasien. Rumah Sakit ini memiliki tenaga medis yang profesional dan juga menjalin kerja sama dengan Internasional Hospital Singapura bila pasien perlu dirujuk. Berdasarkan jajak pendapat rumah sakit terhadap pasien dan keluaranya mereka menyatakan kepuasannya walau biaya perawatan terhitung mahal. Pihak rumah sakit sudah puas dengan kinerjanya, namun ada pandangan negatif dari para masyarakat karena rumah sakit tersebut kurang memperhatikan pelayanan medis kepada masyarakat bawah, walaupun Rumah Sakit selalu mengadakan kegiatan bakti sosial setiap ulang tahun rumah sakit yang diperuntukkan bagi masyarakat bawah.

Permasalahan
            Permasalahan yang dimiliki Rumah Sakit Citra Medical ini datang dari Masyarakat sebab masyarakat memandang negatif pelayanan dari Rumah Sakit Citra Medical yang dianggap tidak memperhatikan pelayanan medis kepada masyarakat bawah dan hanya fokus terhadap masyarakat golongan atas.

Sebab Masalah
            Pihak rumah sakit yang kurang memperhatikan pelayanan kepada masyarakat kalangan bawah karena mereka menerapkan biaya yang relatif tinggi yang hanya dapat dijangkau oleh para masyarakat golongan atas.

Akibat Masalah
            Pandangan negatif masayarakat sekitar yang merasa Rumah Sakit Citra Medical yang tidak memperhatikan pelayanan terhadap masyarakat golongan bawah karena biayanya yang terlalu mahal untuk masyarakat golongan bawah.

Alternatif Pemecahan Masalah
Ø  Pihak Rumah Sakit Citra Medical harus meningkatkan tingkat kesembuhan para pasien yang berobat disana.
Ø  Pihak Rumah Sakit memberikan keringanan biaya untuk para masyarakat yang kurang mampu bila berobat disana (bukan hanya saat ulang tahun rumah sakit saja).
Ø  Pihak Rumah Sakit tidak membeda-bedakan pelayanan terhadap pasien yang berobat.

Langkah-langkah Pemecahan Masalah
            Dari alternatif di atas yang cukup tepat adalah Alternatif yang kedua yaitu Pihak rumah sakit memberikan keringanan biaya untuk para masyarakat yang kurang mampu bila berobat disana. Langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pihak rumah sakit adalah:
Ø  Pihak Rumah sakit memberikan pelayanan seperti biasa kepada masyarakat yang tidak mampu.
Ø  Pihak Rumah Sakit menerima surat keterangan tidak mampu dari pasien yang berobat.
Ø  Pihak Rumah Sakit memberikan keringanan biaya kepada pasien yang tidak mampu.

Rekomendasi
            Alternatif yang di atas memang cukup tepat namun alternatif yang lain juga bisa digunakan untuk melengkapi alternatif yang cukup tepat. Suatu Rumah Sakit memang diwajibkan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan para pasien yang berobat kesana karena itu akan memberikan kepuasan para pasien dan dengan tidak membeda-bedakan pelayanan berdasarkan golongan masyarakat, akan membuat tanggapan positif terhadap rumah sakit dimata masyarakat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar