Kamis, 10 Januari 2013

Bahasa Indonesia: Esei Part 2



Sebagian besar mahasiswa tidak dapat mengatur kondisi keuangannya. Ketika di awal periode setelah menerima kiriman uang saku, kebanyakan mahasiswa sering memanjakan diri dengan makan makanan lezat yang mahal dan membeli barang-barang yang mereka inginkan. Bahkan, tanpa sadar akan menggunakannya untuk hal-hal yang kurang mereka butuhkan. Sehingga pada akhir periode, mahasiswa terpaksa harus berhemat hingga menerima kiriman uang saku periode berikutnya. Tetapi tidak semua mahasiswa dalam kondisi seperti itu, ada juga mahasiswa yang dapat selektif dalam mengatur keuangannya.
Sebagian besar mahasiswa tidak bisa menjaga kebersihan kamar kost. Ini dapat dibuktikan dengan banyaknya sampah sisa-sisa makanan di sela-sela meja, membiarkan debu & kotoran bertebaran. Selalu menunda untuk mencuci alat-alat makan atau minum yang baru mereka pakai. Ini juga diperparah dengan kebiasaan anak kost yang selalu lebih memilih menghabiskan waktu luang dengan bermalas-malasan dan pulang kampung daripada membersihkan kamarnya, mereka pun berpikir selama masih ada sedikit tempat untuk ditiduri, selama itu pula kamar mereka tetap menjadi tempat yang nyaman meskipun kondisi disekitarnya sangat kotor.
Mahasiswa kost tergolong cukup acuh dalam kesehatan. Kebiasaan mahasiswa kost seperti sering begadang, menunjukkan kurangnya kepedulian dalam menjaga kesehatan. Selain itu, mahasiswa sering makan kurang teratur dengan alasan terlalu sibuk beraktivitas di kampus. Mahasiswa juga tidak memperhatikan asupan gizi dengan makan makanan yang mudah dijangkau seperti makanan cepat saji atau makanan instan. Kondisi kamar yang tidak bersih juga menjadi penyebab mahasiswa rawan menderita berbagai penyakit.
Hiburan setiap mahasiswa kost berbeda-beda. Salah satu hiburan yang mudah dan dimiliki oleh setiap mahasiswa adalah bermain game. Selain itu, browsing internet dan jejaring sosial juga sering dilakukan oleh mahasiswa kost. Ada juga beberapa mahasiswa kost yang memilih hang out bersama teman-teman mereka atau hanya menonton tv di kostnya. Menghabiskan waktu luang untuk hobinya juga merupakan hiburan tersendiri bagi mahasiswa kost.
Tranportasi yang digunakan mahasiswa kost bervariasi. Ada mahasiswa yang berjalan kaki untuk ke kampus. Ada juga yang menggunakan kendaraan umum karena jarak kost mereka cukup jauh dari kampus. Selain itu, terkadang sepeda juga menjadi pilihan transportasi mahasiswa kost lainnya. Tetapi, ada juga yang mengguanakan motor sebagai transportasinya, bahkan transportasi ini merupakan yang terbanyak digunakan mahasiswa kost. Sedangkan, mobil lebih banyak digunakan oleh mahasiswa kost yang memiliki kondisi ekonomi menengah ke atas.

Lanjut Ke Part 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar