Kamis, 10 Januari 2013

Bahasa Indonesia: Esei Part 3



Banyak cara yg dilakukan oleh mahasiswa kost untuk berhubungan dengan keluarganya. Mahasiswa kost yang berasal dari sekitar malang dan masih berada dalam Provinsi Jawa Timur lebih memilih untuk sering pulang kampung sedikitnya seminggu sekali. Sedangkan Mahasiswa kost yang berasal dari luar Jawa timur memilih bekomunikasi via handphone. Adakalanya mahasiswa kost juga sering memanfaatkan media jejaring sosial seperti: facebook, twitter, skype, dan lain sebagainya.
Mahasiswa kost memiliki aktivitas yang beragam di malam hari. Sering kali mereka bergadang hanya untuk mengerjakan tugas yang harus dikumpulkan besok atau belajar kebut semalam untuk kuis / ujian esok harinya. Terkadang mahasiswa juga sengaja bergadang hanya untuk menonton siaran bola. Di sisi lain, ada juga mahasiswa kost yang mencari makan malam. Adapula mereka yang mengisi aktivitas malam harinya dengan rapat organisasi di kampus.
Mahasiswa kost biasanya mengalami perubahan budaya ketika berada lingkungan baru. Buktinya, banyak mahasiswa yang berasal dari Jakarta sekarang justru lebih sering menggunakan kata “aku-kamu” dibandingkan “gue-elo” ketika berkomunikasi dengan teman mahasiswa yang lain. Selain itu, banyak juga mahasiswa kost yang awalnya memiliki tutur kata yang halus menjadi lebih kasar. Bahkan, tidak jarang beberapa mahasiswa kost yang biasanya selalu tertib dengan waktu malam, menjadi lebih bebas dan sering pulang malam.
Mahasiswa kost dapat berprestasi di bidang akademik atau non-akademik. Ada beberapa dari mahasiswa kost jurusan manajemen 2011 FEB UB yang menjuarai lomba karya tulis, baik di bidang nasional, maupun internasional. Selain itu, ada juga 3 mahasiswa kost dari jurusan manajemen 2010 FEB UB yang menjadi juara 3 debat marketing tingkat nasional. Sedangkan untuk bidang non akademik. Beberapa mahasiswa kost dari FEB UB ada yang menjadi juara 1 futsal tingkat nasional di Universitas Indonesia. Ada juga sebagian mahasiswi kost dari jurusan manajemen 2011 FEB UB yang mendapatkan juara 1 basket ball competition tingkat nasional di Jakarta.
Demikian gambaran keanekaragaman aktivitas sehari-hari mahasiswa kost yang merantau untuk menuntut ilmu di Kota Malang dalam hal keuangan, konsumsi, kebersihan, kesehatan, hiburan, transportasi, hubungan keluarga, aktivitas perkuliahan di malam hari, perubahan budaya, dan prestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar