Kamis, 10 Januari 2013

Manajemen Pemasaran: Analisis Kasus 3



PERMASALAHAN HOTEL DUTA KENCANA

Gambaran Umum
            Hotel Duta Kencana berdiri sejak tahun 1997, mulanya menempati bangunan peninggalan Belanda dan melakukan berbagai renovasi dengan tetap mempertahankan keaslian bangunan. Tamu yang menginap di hotel ini adalah wisatawan dari mancanegara dan juga domestik. Sekitar tahun 2000 tingkat hunian hotel tersebut di atas 80%, namun setelah ada insiden bom bali dan kemerosotan ekonomi tingkat dunia tingkat hunian merosot sekitar 40% meskipun hotel tersebut telah menambahkan fasilitas hotel, menjadi tempat seminar internasional, dan menjalin kerja sama dengan biro perjalanan luar negeri maupun dalam negeri. Pihak hotael memikirkan untuk memberikan potongan harga untuk para tamu rombongan dan juga memberikan potongan pada hari sepi, menaikkan harga pada hari libur, melakukan promosi penjualan lewat internet, menampilkan tarian khas Bali, serta menyediakan pemandu wisata yang profesional.

Permasalahan
            Turunnya tingkat hunian hotel yang semula berada di atas 80% menjadi sekitar 40% dan banyak pesaing di kawasan sekitar hotel tersebut.

Sebab Masalah
            Pasca terjadinya bom bali yag membuat tingkat hunian hotel yang semula berada di atas 80% menjadi sekitar 40% dan munculnya banyak pesaing yang memiliki kualitas pelayanan dan fasilitas yang lebih baik serta harga yang cukup bersaing.

Akibat Masalah
            Menurunnya tingkat hunian hotel yang sampai 40% sehingga bisa membuat pendapatan hotel yang menurun dan banyak yang beralih ke pesaing yang memiliki kualitas pelayanan dan fasilitas yang lebih baik.

Alternatif Pemecahan Masalah
Ø  Pihak Hotel harus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Hotel Duta Kencana.
Ø  Pihak Hotel bisa menurunkan harga untuk hari-hari sepi dan untuk hari libur tetap menggunakan harga awal.
Ø  Pihak Hotel bisa memberikan tambahan fasilitas seperti menampilkan Tarian Daerah selain dari Bali untuk memberikan variasi kepada pengunjung.

Langkah-langkah Pemecahan Masalah
            Dari ketiga alternatif pemecahan masalah tersebut yang cukup tepat adalah Alternatif yang pertama yaitu Pihak Hotel harus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Hotel Duta Kencana, langkah-langkahnya adalah:
Ø  Pihak Hotel menyediakan kotak kritik dan saran agar para pengunjung dapat menilai dan memberikan pendapat mereka tentang pelayanan di hotel tersebut.
Ø  Pihak Hotel menganalisa penilaian dan pendapat yang diberikan oleh para pengunjung.
Ø  Pihak Hotel mengevaluasi kualitas pelayanan hotel yang dirasa kurang maksimal oleh para pengunjung.

Rekomendasi
            Meningkatkan kualitas pelayanan hotel memang cara yang cukup tepat namun tetap tidak boleh mengabaikan alternati yang lain sebab alternatif tersebut dapat mendukung alternatif yang pertama sehingga dapat mengembalikan tingkat hunian hotel seperti semula bahkan jauh lebih tinggi dari semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar