Kamis, 10 Januari 2013

Manajemen Pemasaran: Analisis Kasus 2



PERMASALAHAN PERUSAHAAN SABUN BERSIH CEMERLANG

Gambaran Umum
            Perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” menghasilkan 2 (dua) jenis produk yaitu sabun cuci dan sabun mandi. Produk utamanya adalah sabun cuci dan produk sampingannya adalah sabun mandi. Dua sabun tersebut dijual kepada kelompok masyarakat dengan pendapatan menengah kebawah sehingga kualitasnya tidak terlalu baik dan harganya juga murah. Mata rantai yang digunakan adalah produsen-Pengecer-konsumen, sedangkan kegiatan promosinya dilakukan melalui media radio, papan reklame, brosur, serta menggunakan tenaga wiraniaga.
            Perusahaan ini telah membidik pasar sasarannya, namun bukan berarti perusahaan ini terbebas dari persaingan. Pesaing perusahaan ini adalah Perusahaan sabun Bersih Mempesona dan perusahaan Sabun Wangi Abadi. Perusahaan ini membidik pasar sasaran yang sama, harga pun sama namun mereka lebih intens dalam melakukan promosi dan selalu meningkatkan kualitas produk.

Permasalahan
            Permasalahan dari perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” ini adalah konsumen-konsumen yang tadinya membeli produk dari sabun dari perusahaan Bersih Cemerlang berpindah ke produk yang dihasilkan oleh pesaing, sebab pesaing sering meningkatkan kualitas produk yang tidak dilakukan oleh perusahaan Bersih Cemerlang..

Sebab Masalah
            Penyebab masalah yang dialami oleh Perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” adalah munculnya dua pesaing yaitu Perusahaan sabun Bersih Mempesona (untuk produk sabun cuci ) dan perusahaan sabun Wangi Abadi (untuk produk sabun mandi). Dimana kedua pesaing tersebut membidik pasar sasaran yang sama, harga juga sama, namun mereka selalu meningkatkan kualitas dari produk yang di hasilkan.

Akibat Masalah
            Akibat munculnya pesaing tersebut membuat konsumen yang tadinya membeli produk sabun pada perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” perlahan pindah kepada pesaingnya. Sehingga omzet penjualan makin lama semakin menurun dan terancam gulung tikar.

Alternatif Pemecahan Masalah
Ø  Perusahaan harus jauh lebih intens dalam mempromosikan produk yang dihasilkan.
Ø  Perusahaan memperluas pasar sasaran yang tadinya hanya konsumen tingkat menengah kebawah namun juga tingkat menengah ke atas.
Ø  Perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Langkah-langkah Pemecahan Masalah
            Alternatif pemecahan masalah yang lumayan tepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” adalah Perusahaan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, langkahnya sebagai berikut:
Ø  Perusahaan memberikan kuesioner kepada konsumen tentang pendapat mereka terhadap produk yang dihasilkan.
Ø  Perusahaan menganalisis apa yang dikeluhkan konsumen tentang mutu dari produk yang dihasilkan.
Ø  Perusahaan mulai meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar konsuen tetap setia dengan perusahaan.

Rekomendasi
            Di atas memang telah dijelaskan bahwa alternatif yang baik adalah meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan namun alternatif lainnya juga bisa membantu perusahaan terhindar dari kebangkrutan. Kelemahan dari perusahaan sabun bersih cemerlang adalah kurang promosi sehingga dapat tersaingi oleh perusahaan lain dan perusahaan sabun Bersih Cemerlang juga memiliki pasar sasaran yang sama dengan pesaing sehingga lebih baik perusahaan memperluas pasar sasarannya agar tetap dapat bertahan dan perusahaan juga harus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar