Kamis, 10 Januari 2013

Manajemen Pemasaran: Analisis Kasus 1



PERMASALAHAN PERUSAHAAN ANGGUN

Gambaran Umum Kasus
            Perusahaan “Anggun” adalah perusahaan yang memproduksi tas wanita dengan berbagai macam tipe, wrna dan variasi. Bahan yang digunakan sebagian besar diperoleh dari dalam negeri namun sebagian kecil diperoleh dari luar negeri. Pada awal berdiri, perusahaan ini memperoleh keuntungan yang memadai, namun 5 (lima) tahun terakhir mengalami kemunduran karena masuknya produk sejenis dari manca negara dan juga pesaing dari dalam negeri.
            Pesaing pada umumnya memiliki keunggulan dalam hal kualitas standar, harganya murah, memiliki banyak tipe, warna bervariasi, kegiatan pemasaran dilaksanakan secara intensif, dan memberi komisi kepada perantara.Sedangkan Perusahaan “Anggun” hanya melakukan promosi saat awal berdirinya perusahaan. Untuk meningkatkan kegiatan pemasaran perusahaan melakukan terobosan dengan memproduksi dompet, sepatu, sandal, dan ikat pinggang serta menambah perantara di daerah potensial. Perusahaan juga memberikan potongan sebesar 10%, kualitas diperbaiki, dan memasarkan produk ditempat perbelanjaan modern. Namun semuannya tidak banyak berpengaruh, malah membuat keuntungan yang diperoleh semakin menurun.

Permasalahan
            Permasalahan dari Perusahaan Anggun adalah mundurnya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan selama 5 (lima) tahun terakhir, padahal pada awalnya perusahaan dapat memasarkan produknya dan memperoleh keuntungan yang memadai.

Sebab Masalah
            Penyebab dari mundurnya kegiatan pemasaran Perusahaan “Anggun” adalah karena sejalan dengan masuknya produk sejenis dari manca negara dan juga munculnya perusahaan sejenis dari dalam negeri yaitu Perusahaan Cantik, Perusahaan Molek, dan Perusahaan Molek.

 Akibat Masalah
            Akibat dari munculnya pesaing dari manca negara dan juga dalam negeri yang memiliki keunggulan kompetitif, membuat Perusahaan “Anggun” mengalami kemunduran dalam kegiatan pemasarannya.

Alternatif Pemecahan Masalah
-       Perusahaan “Anggun” harus rajin untuk melakukan promosi kepada pelanggan bila ada produk baru yang dihasilkan oleh perusahaan.
-          Menganalisis kebutuhan dan tren masyarakat.
-          Melakukan evaluasi produk yang dihasilkan.

Langkah-langkah Pemecahan Masalah
            Bagi saya alternatif yang paling pas adalah Menganalisis Kebutuhan dan Tren masyarakat, jadi walaupun produk yang dihasilkan oleh pesaing lebih murah namun masyarakat akan tetap memilih produk dari Perusahaan “Anggun” sebab yang kita hasilkan sesuai dengan kebutuhan dan tren masyarakat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut
-          Perusahaan mencari info pusat mode yang ada di Italia dan Prancis tentang mode yang diramalkan akan menjadi tren menggunakan Internet.
-              Perusahaan melakukan survei kepada masyarakat tentan apa saja yang menjadi kebutuhan mereka.
-              Perusahaan memadukan mode yang telah didapatkan dengan kebutuhan masyarakat yang didapat dari hasil survei.
-          Perusahaan memasarkan produk tersebut ke masyarakat.

Rekomendasi
            Memang alternatif yang paling pas adalah Menganalisis Kebutuhan dan Tren Masyarakat, namun bukan berarti alternatif lain tidak digunakan. Sebab alternatif yang lain juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Bisa diliat bahwa Perusahaan Anggun hanya melakukan promosi pada saat awal berdirinya perusahaan, itu menjadi titik lemah dari perusahaan. Maka dari itu Perusahaan harus melakukan promosi lebih intensif dan menggunakan berbagai macam media sesuai dengan pasar sasaran perusahaan. Mengevaluasi produk juga perlu agar perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk jauh lebih baik dari produk yang sebelumnya.

1 komentar: