PERMASALAHAN RUMAH SAKIT “CITRA
MEDICAL”
Gambaran
Umum
Rumah Sakit Citra Medical dibangun
dikawasan elit Pondok Indah Permai yang bertaraf Internasional dengan berbagai
fasilitas dan layanan medis bagi para pasien. Namun bagi pasien layanan yang
lengkap tidak cukup namun yang terpentinh adalah tingkat kesembuhan pasien.
Rumah Sakit ini memiliki tenaga medis yang profesional dan juga menjalin kerja
sama dengan Internasional Hospital Singapura bila pasien perlu dirujuk.
Berdasarkan jajak pendapat rumah sakit terhadap pasien dan keluaranya mereka
menyatakan kepuasannya walau biaya perawatan terhitung mahal. Pihak rumah sakit
sudah puas dengan kinerjanya, namun ada pandangan negatif dari para masyarakat
karena rumah sakit tersebut kurang memperhatikan pelayanan medis kepada
masyarakat bawah, walaupun Rumah Sakit selalu mengadakan kegiatan bakti sosial
setiap ulang tahun rumah sakit yang diperuntukkan bagi masyarakat bawah.
Permasalahan
Permasalahan
yang dimiliki Rumah Sakit Citra Medical ini datang dari Masyarakat sebab
masyarakat memandang negatif pelayanan dari Rumah Sakit Citra Medical yang
dianggap tidak memperhatikan pelayanan medis kepada masyarakat bawah dan hanya
fokus terhadap masyarakat golongan atas.
Sebab Masalah
Pihak
rumah sakit yang kurang memperhatikan pelayanan kepada masyarakat kalangan
bawah karena mereka menerapkan biaya yang relatif tinggi yang hanya dapat
dijangkau oleh para masyarakat golongan atas.
Akibat Masalah
Pandangan
negatif masayarakat sekitar yang merasa Rumah Sakit Citra Medical yang tidak
memperhatikan pelayanan terhadap masyarakat golongan bawah karena biayanya yang
terlalu mahal untuk masyarakat golongan bawah.
Alternatif Pemecahan Masalah
Ø Pihak
Rumah Sakit Citra Medical harus meningkatkan tingkat kesembuhan para pasien yang
berobat disana.
Ø Pihak
Rumah Sakit memberikan keringanan biaya untuk para masyarakat yang kurang mampu
bila berobat disana (bukan hanya saat ulang tahun rumah sakit saja).
Ø Pihak
Rumah Sakit tidak membeda-bedakan pelayanan terhadap pasien yang berobat.
Langkah-langkah Pemecahan Masalah
Dari alternatif di atas yang cukup
tepat adalah Alternatif yang kedua yaitu Pihak rumah sakit memberikan
keringanan biaya untuk para masyarakat yang kurang mampu bila berobat disana.
Langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pihak rumah sakit adalah:
Ø Pihak
Rumah sakit memberikan pelayanan seperti biasa kepada masyarakat yang tidak
mampu.
Ø Pihak
Rumah Sakit menerima surat keterangan tidak mampu dari pasien yang berobat.
Ø Pihak
Rumah Sakit memberikan keringanan biaya kepada pasien yang tidak mampu.
Rekomendasi
Alternatif
yang di atas memang cukup tepat namun alternatif yang lain juga bisa digunakan
untuk melengkapi alternatif yang cukup tepat. Suatu Rumah Sakit memang
diwajibkan untuk meningkatkan tingkat kesembuhan para pasien yang berobat
kesana karena itu akan memberikan kepuasan para pasien dan dengan tidak
membeda-bedakan pelayanan berdasarkan golongan masyarakat, akan membuat
tanggapan positif terhadap rumah sakit dimata masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar