PERMASALAHAN
PERUSAHAAN ANGGUN
Gambaran Umum Kasus
Perusahaan
“Anggun” adalah perusahaan yang memproduksi tas wanita dengan berbagai macam
tipe, wrna dan variasi. Bahan yang digunakan sebagian besar diperoleh dari
dalam negeri namun sebagian kecil diperoleh dari luar negeri. Pada awal
berdiri, perusahaan ini memperoleh keuntungan yang memadai, namun 5 (lima)
tahun terakhir mengalami kemunduran karena masuknya produk sejenis dari manca
negara dan juga pesaing dari dalam negeri.
Pesaing pada umumnya memiliki
keunggulan dalam hal kualitas standar, harganya murah, memiliki banyak tipe,
warna bervariasi, kegiatan pemasaran dilaksanakan secara intensif, dan memberi
komisi kepada perantara.Sedangkan Perusahaan “Anggun” hanya melakukan promosi
saat awal berdirinya perusahaan. Untuk meningkatkan kegiatan pemasaran
perusahaan melakukan terobosan dengan memproduksi dompet, sepatu, sandal, dan
ikat pinggang serta menambah perantara di daerah potensial. Perusahaan juga
memberikan potongan sebesar 10%, kualitas diperbaiki, dan memasarkan produk
ditempat perbelanjaan modern. Namun semuannya tidak banyak berpengaruh, malah
membuat keuntungan yang diperoleh semakin menurun.
Permasalahan
Permasalahan
dari Perusahaan Anggun adalah mundurnya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh
perusahaan selama 5 (lima) tahun terakhir, padahal pada awalnya perusahaan
dapat memasarkan produknya dan memperoleh keuntungan yang memadai.
Sebab Masalah
Penyebab
dari mundurnya kegiatan pemasaran Perusahaan “Anggun” adalah karena sejalan dengan
masuknya produk sejenis dari manca negara dan juga munculnya perusahaan sejenis
dari dalam negeri yaitu Perusahaan Cantik, Perusahaan Molek, dan Perusahaan
Molek.
Akibat Masalah
Akibat
dari munculnya pesaing dari manca negara dan juga dalam negeri yang memiliki
keunggulan kompetitif, membuat Perusahaan “Anggun” mengalami kemunduran dalam
kegiatan pemasarannya.
Alternatif Pemecahan Masalah
- Perusahaan “Anggun” harus rajin untuk
melakukan promosi kepada pelanggan bila ada produk baru yang dihasilkan oleh
perusahaan.
-
Menganalisis kebutuhan dan tren
masyarakat.
-
Melakukan evaluasi produk yang
dihasilkan.
Langkah-langkah Pemecahan Masalah
Bagi
saya alternatif yang paling pas adalah Menganalisis Kebutuhan dan Tren
masyarakat, jadi walaupun produk yang dihasilkan oleh pesaing lebih murah namun
masyarakat akan tetap memilih produk dari Perusahaan “Anggun” sebab yang kita
hasilkan sesuai dengan kebutuhan dan tren masyarakat. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut
-
Perusahaan mencari info pusat mode yang ada
di Italia dan Prancis tentang mode yang diramalkan akan menjadi tren
menggunakan Internet.
-
Perusahaan melakukan survei kepada
masyarakat tentan apa saja yang menjadi kebutuhan mereka.
- Perusahaan memadukan mode yang telah
didapatkan dengan kebutuhan masyarakat yang didapat dari hasil survei.
-
Perusahaan memasarkan produk tersebut ke
masyarakat.
Rekomendasi
Memang alternatif yang paling pas
adalah Menganalisis Kebutuhan dan Tren Masyarakat, namun bukan berarti
alternatif lain tidak digunakan. Sebab alternatif yang lain juga dapat
digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Bisa diliat bahwa Perusahaan
Anggun hanya melakukan promosi pada saat awal berdirinya perusahaan, itu
menjadi titik lemah dari perusahaan. Maka dari itu Perusahaan harus melakukan
promosi lebih intensif dan menggunakan berbagai macam media sesuai dengan pasar
sasaran perusahaan. Mengevaluasi produk juga perlu agar perusahaan dapat meningkatkan
kualitas produk jauh lebih baik dari produk yang sebelumnya.
Trima kasih... artikel Manajemen pemasarannya sangat bermanfaat
BalasHapus