PERMASALAHAN HOTEL DUTA KENCANA
Gambaran Umum
Hotel
Duta Kencana berdiri sejak tahun 1997, mulanya menempati bangunan peninggalan
Belanda dan melakukan berbagai renovasi dengan tetap mempertahankan keaslian
bangunan. Tamu yang menginap di hotel ini adalah wisatawan dari mancanegara dan
juga domestik. Sekitar tahun 2000 tingkat hunian hotel tersebut di atas 80%,
namun setelah ada insiden bom bali dan kemerosotan ekonomi tingkat dunia
tingkat hunian merosot sekitar 40% meskipun hotel tersebut telah menambahkan
fasilitas hotel, menjadi tempat seminar internasional, dan menjalin kerja sama
dengan biro perjalanan luar negeri maupun dalam negeri. Pihak hotael memikirkan
untuk memberikan potongan harga untuk para tamu rombongan dan juga memberikan
potongan pada hari sepi, menaikkan harga pada hari libur, melakukan promosi
penjualan lewat internet, menampilkan tarian khas Bali, serta menyediakan
pemandu wisata yang profesional.
Permasalahan
Turunnya
tingkat hunian hotel yang semula berada di atas 80% menjadi sekitar 40% dan
banyak pesaing di kawasan sekitar hotel tersebut.
Sebab Masalah
Pasca
terjadinya bom bali yag membuat tingkat hunian hotel yang semula berada di atas
80% menjadi sekitar 40% dan munculnya banyak pesaing yang memiliki kualitas
pelayanan dan fasilitas yang lebih baik serta harga yang cukup bersaing.
Akibat Masalah
Menurunnya
tingkat hunian hotel yang sampai 40% sehingga bisa membuat pendapatan hotel
yang menurun dan banyak yang beralih ke pesaing yang memiliki kualitas
pelayanan dan fasilitas yang lebih baik.
Alternatif Pemecahan Masalah
Ø Pihak
Hotel harus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Hotel Duta Kencana.
Ø Pihak
Hotel bisa menurunkan harga untuk hari-hari sepi dan untuk hari libur tetap
menggunakan harga awal.
Ø Pihak
Hotel bisa memberikan tambahan fasilitas seperti menampilkan Tarian Daerah
selain dari Bali untuk memberikan variasi kepada pengunjung.
Langkah-langkah Pemecahan Masalah
Dari
ketiga alternatif pemecahan masalah tersebut yang cukup tepat adalah Alternatif
yang pertama yaitu Pihak Hotel harus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada
di Hotel Duta Kencana, langkah-langkahnya adalah:
Ø Pihak
Hotel menyediakan kotak kritik dan saran agar para pengunjung dapat menilai dan
memberikan pendapat mereka tentang pelayanan di hotel tersebut.
Ø Pihak
Hotel menganalisa penilaian dan pendapat yang diberikan oleh para pengunjung.
Ø Pihak
Hotel mengevaluasi kualitas pelayanan hotel yang dirasa kurang maksimal oleh
para pengunjung.
Rekomendasi
Meningkatkan
kualitas pelayanan hotel memang cara yang cukup tepat namun tetap tidak boleh
mengabaikan alternati yang lain sebab alternatif tersebut dapat mendukung
alternatif yang pertama sehingga dapat mengembalikan tingkat hunian hotel
seperti semula bahkan jauh lebih tinggi dari semula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar