PERMASALAHAN PERUSAHAAN SABUN
BERSIH CEMERLANG
Gambaran Umum
Perusahaan
sabun “Bersih Cemerlang” menghasilkan 2 (dua) jenis produk yaitu sabun cuci dan
sabun mandi. Produk utamanya adalah sabun cuci dan produk sampingannya adalah
sabun mandi. Dua sabun tersebut dijual kepada kelompok masyarakat dengan
pendapatan menengah kebawah sehingga kualitasnya tidak terlalu baik dan
harganya juga murah. Mata rantai yang digunakan adalah
produsen-Pengecer-konsumen, sedangkan kegiatan promosinya dilakukan melalui media
radio, papan reklame, brosur, serta menggunakan tenaga wiraniaga.
Perusahaan ini telah membidik pasar
sasarannya, namun bukan berarti perusahaan ini terbebas dari persaingan.
Pesaing perusahaan ini adalah Perusahaan sabun Bersih Mempesona dan perusahaan
Sabun Wangi Abadi. Perusahaan ini membidik pasar sasaran yang sama, harga pun
sama namun mereka lebih intens dalam melakukan promosi dan selalu meningkatkan
kualitas produk.
Permasalahan
Permasalahan
dari perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” ini adalah konsumen-konsumen yang
tadinya membeli produk dari sabun dari perusahaan Bersih Cemerlang berpindah ke
produk yang dihasilkan oleh pesaing, sebab pesaing sering meningkatkan kualitas
produk yang tidak dilakukan oleh perusahaan Bersih Cemerlang..
Sebab Masalah
Penyebab
masalah yang dialami oleh Perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” adalah munculnya
dua pesaing yaitu Perusahaan sabun Bersih Mempesona (untuk produk sabun cuci )
dan perusahaan sabun Wangi Abadi (untuk produk sabun mandi). Dimana kedua
pesaing tersebut membidik pasar sasaran yang sama, harga juga sama, namun
mereka selalu meningkatkan kualitas dari produk yang di hasilkan.
Akibat Masalah
Akibat munculnya pesaing tersebut
membuat konsumen yang tadinya membeli produk sabun pada perusahaan sabun “Bersih
Cemerlang” perlahan pindah kepada pesaingnya. Sehingga omzet penjualan makin
lama semakin menurun dan terancam gulung tikar.
Alternatif Pemecahan Masalah
Ø Perusahaan
harus jauh lebih intens dalam mempromosikan produk yang dihasilkan.
Ø Perusahaan
memperluas pasar sasaran yang tadinya hanya konsumen tingkat menengah kebawah
namun juga tingkat menengah ke atas.
Ø Perusahaan
meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.
Langkah-langkah Pemecahan Masalah
Alternatif
pemecahan masalah yang lumayan tepat untuk mengatasi masalah yang dialami oleh
perusahaan sabun “Bersih Cemerlang” adalah Perusahaan meningkatkan kualitas
produk yang dihasilkan, langkahnya sebagai berikut:
Ø Perusahaan
memberikan kuesioner kepada konsumen tentang pendapat mereka terhadap produk
yang dihasilkan.
Ø Perusahaan
menganalisis apa yang dikeluhkan konsumen tentang mutu dari produk yang
dihasilkan.
Ø Perusahaan
mulai meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan agar konsuen tetap setia
dengan perusahaan.
Rekomendasi
Di
atas memang telah dijelaskan bahwa alternatif yang baik adalah meningkatkan
kualitas produk yang dihasilkan namun alternatif lainnya juga bisa membantu
perusahaan terhindar dari kebangkrutan. Kelemahan dari perusahaan sabun bersih
cemerlang adalah kurang promosi sehingga dapat tersaingi oleh perusahaan lain
dan perusahaan sabun Bersih Cemerlang juga memiliki pasar sasaran yang sama
dengan pesaing sehingga lebih baik perusahaan memperluas pasar sasarannya agar
tetap dapat bertahan dan perusahaan juga harus meningkatkan kualitas produk
yang dihasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar