Kamis, 17 April 2014

Chadek Dika Frantika Meninggal Karena Radiasi Ponsel!


Isi Klaim :

Telah meninggal , Chadek Dika Frantika, siswa SMA PGRI 3 Gianyar, teridentifikasi terkena virus di otak akibat radiasi hp (khususnya Blackberry - BB). Gejala pertama yg dirasakan yaitu pusing,kemudian pingsan, terus koma, dan akhirnya meninggal tadi pagi. Kata dokter, itu di sebabkan oleh radiasi hp yg online terus. Jadi berhati2 lah teman2. Sekedar info buat teman2 pengguna BB, mudah2an bermanfaat, kalo tidur hp jangan di letakkan di dekat kepala, karena bisa menyebabkan radiasi otak, secara hp online terus, apalagi BB GEMINI yg memiliki radiasi paling besar. Sebaiknya kalau tidur di malam hari, BB nya di off.

Contoh Link yang sudah tersebar :

http://www.thecrowdvoice.com/post/meninggal-karna-radiasi-handphone-5192530.html

http://www.kaskus.co.id/thread/50c70fec7c12439d61000018/meninggal-karena-radiasi-handphone

https://www.facebook.com/DUBOLENUT/posts/498868933468078

http://ruanghati.com/2011/08/20/pelajar-smp-bandung-meninggal-karena-radiasi-hp-blackberry/

http://www.suarapembaruan.com/gayahidup/beredar-kabar-pelajar-di-bandung-meninggal-karena-radiasi-hp/10387

http://antiradiasi.net/pelajar-meninggal-akibat-bahaya-radiasi-handphone/

Hoax atau Fakta : Hoax.

Analisa :

Beberapa tahun belakangan beredar isu seperti contoh klaim di atas, umumnya melalui Broadcast BBM dan merambah ke Jejaring Sosial.

Dalam pesan disampaikan tentang seorang siswi SMA PGRI 3 Gianyar yang bernama Chadek Dika Frantika yang meninggal karena terkena radiasi handphone.

Sebenarnya jika melihat dari isi pesan, kita dapat mengetahui bahwa isu tersebut palsu. Pola seperti ini serupa dengan Broadcast lainnya, 'menghimbau pengguna Ponsel atau Jejaring Sosial untuk menyebarkan kembali berita tersebut' yang lagi-lagi 'tanpa sumber yang valid' dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Rumor ini sudah ada sejak akhir 2010 lalu, lalu kami mencoba menelusuri kebenaran dari berita yang berkembang. Lalu kami dapatkan ternyata orang yang di klaim sebagai Chadek Dika Frantika mempunyai Akun Jejaring Sosial, dengan nama yang sama persis pelafalannya.

Chadek Dika Frantika adalah seorang Pria, sepertinya memang berdomisili di Bali.

Berikut Akun Facebook Chadek Dika Frantika :
http://www.facebook.com/chapoeng.gangzta

Akun Twitter Chadek Dika Frantika :
https://twitter.com/chapoenggg

Yang menarik, Chadek Dika sekolah dalam jurusan Broadcast. Entahlah, apa maksud dari si pembuat hoax tersebut, mencari sensasi atau sebagai korban keisengan orang lain.

Kesimpulan :

Broadcast Hoax seperti ini sangat banyak beredar, beberapa waktu lalu juga ada Broadcast tentang Arizal Fauzi Ridhani Siswa SMP 34 bandung yang meninggal akibat radiasai, BJ Habibie yang telah wafat dan Wikipedia yang di ubah para Scammer, juga berita tentang wafatnya seorang Ateis bernama Yosua Kaleb (setelah diselidiki ternyata memang wafat karena mengidap penyakit jantung), serta broadcast dan berita-berita hoax lainnya.

Pesan seperti ini tidak perlu ditanggapi serius, apapun bentuknya. Silahkan baca kembali artikel kami mengenai Stop Broadcast Hoax disini :

https://www.facebook.com/IndonesianHoaxes/posts/730849166967616

Selain hanya bentuk 'Keisengan' seseorang, ini juga ada kaitannya dengan Bisnis. Karena Broadcast Hoax seperti ini umumnya disebarkan oleh produsen perangkat Anti Radiasi. Ada juga yang memanfaatkan berita wafatnya seseorang, kemudian dipelintir menjadi berita yang tampak sangat konyol. Untuk hal-hal seperti ini Kita tidak perlu menghakimi, sikapi saja dengan bijak.

Untuk informasi mengenai Radiasi, Anda dapat menyimak Referensi Lain yang bermanfaat disini :

https://groups.yahoo.com/neo/groups/dokter_umum/conversations/topics/23143

http://www.berryindo.com/blackberry-ponsel-radiasi-tertinggi/

Mari kita belajar bijak dalam menanggapi informasi yang beredar di Masyarakat, khususnya pengguna Internet.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar