Kamis, 16 Mei 2013

Mata Kuliah Komunikasi Bisnis: Revisi Pesan-Pesan Bisnis (05)



BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pesan-pesan bisnis merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam proses pelaksanaan bisnis, karena di dalamnya terkandung informasi-informasi yang dapat dijadikan sumber referensi perusahaan dalam melaksanakan aktivitas bisnisnya. Tak jarang bentuk pesan bisnis tersebut terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian sehingga menimbulkan banyak hambatan informasi. Oleh karena itu, bertindak untuk merevisi pesan-pesan bisnis tersebut adalah cara yang terbaik untuk dilakukan. Revisi merupakan langkah terakhir dalam mengembangkan pesan-pesan bisnis secara efektif. Setiap pesan bisnis perlu diedit baik menyangkut masalah isi dan pengorganisasiannya, gaya penyampaiannya, maupun format penulisannya
Gaya penulisan yang efektif dimulai dengan pemilihan kata yang tepat. Dalam memilih kata perlu diperhatikan antara lain memilih kata yang sudah familliar/sudah dikenal secara umum,singkat, dan hindarkan kata yang memiliki pengertian ganda. Penulisan pesan-pesan bisnis yang paling efektif akan mencangkup keseimbangan pemilihan terhadap ketiga jenis kalimat yaitu kallimat sederhana,majemuk,kompleks. Kalimat-kalimat yang singkat dan menggunakan kalimat aktif akan mempermudah audiens anda dalam memahami maksud dan tujuan suatu pesan-pesan bisnis.
Dalam mengembangkan suatu paragraf dapat dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain dengan menggunakan ilustrasi, perbandingan, pembahasan mengenai sebab akibat, melakukan klasifikasi, dan pembahasan mengenai pemecahan masalah (problem solving). Pusatkan perhatian pada ide tunggal dan usahakan untuk setiap paragraf singkat saja.
3.2 Saran
Sebaiknya, dalam menyampaikan pesan-pesan bisnis untuk aktivitas bisnis suatu perusahaan. Tindakan untuk menggunakan kata, kalimat, dan paragraf itu benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara pemberi dan penerima informasi dari pesan bisnis tersebut. Sehingga akan terjadi bentuk keselarasan dalam proses penyampaian pesan bisnis, dan secara otomatis aktivitas bisnis suatu perusahaan akan menjadi berjalan lebih baik, lancar, efektif, dan efisien tanpa ada halangan atau hambatan yang cukup signifikan.
Daftar Pustaka
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar