Mengedit
Mekanik/Teknis Penulisan
Langkah yang dilakukan berikutnya
adalah melakukan pemgeditan dari sudut mekanik atau teknis penulisan suatu
pesan-pesan bisnis yang mencakup antara lain:
· Susunan
kalimat yang digunakan, sesuai atau tidak dengan kaidah kebahasaan yang ada,
sehingga mudah dipahami.
· Penggunaan
kapitalisasi secara tepat.
· Penulisan
tanda baca secara benar.
· Perhatikan
makna keutuhan suatu kalimat, sehingga makna kalimat teresbut dapat dipahami
dengan mudah.
·
Perhatikan terjadinya pengulangan kata
yang tidak tepat dalam suatu kalimat.
Kesalahan
mekanik dalam penulisan pesan-pesan bisnis dapat mengganggu pemahan maksud dan
tujuan penulisan pesan-pesan bisnis tersebut, bahkan dapat berdampak pada
memudarnya kepercayaan dan citra suatu organisasi. Kesalahan Mekanis secara
ekonomis berdampak pada pemborosan waktu, tenaga, dan dana yang diperlukan
untuk memperbaikinya.
Mengedit Format dan Layout
Langkah terakhir dalam mengedit
pesan bisnis adalah mengedit format dan layout secara keseluruhan. Di samping
melakukan penelaahan terhadap tata bahasa, ejaan, kesalahan-kesalahan tulis,
dan tanda baca, format penulisannya juga tidak boleh diabaikan begitu saja.
a.
Pesan-pesan
Bisnis Lisan
Pesan-pesan bisnis yang disampaikan dalam bentuk
lisan pun memerlukan pengecekan ulang, perbaikan atau pengeditan seperlunya,
sehingga suatu pesan bisnis dapat dipahami dengan baik.
Meskipun
pesan-pesan bisnis disampaikan secara lisan, namu diperlukan juga kerangka
dasar (outline) tentang substansi pesan-pesan bisnis yang akan disampaikan.
Kegiatan pengeditan pesan-pesan bisnis lisan mencakup antara lain substansi
pesan yang disampaikan, pengorganisasiannya, dan gaya bahasa yang digunakan.
Substansi
Pesan
Langkah pertama dan utama dalam
melakukan pengeditan (editing) pesan-pesan bisnis adalah mengedit substansi
pesan yang akan disampaikan pada audiens.
· Apakah
substansi (inti) pesan yang ingin disampaikan telah tercantum didalamnya ?
·
Apakah data pendukung (tabel, grafik,
bagan, gambar, audio, audiovisual) juga sudah tercantum di dalamnya ?
Pengorganisasian
Pesan
Pengorganisasian pesan-pesan bisnis
yang akan disampaikan secara lisan mencakup tiga poin penting, yaitu:
· Pembuka
(Misalnya, salam pembuka, perkenalan diri)
· Penyampaian
substansi pesan (misalnya, pengantar pesan dilanjutkan dengan substansi pesan)
·
Penutup (misalnya, kesimpulan, saran,
rekomendasi, implikasi)
Gaya
Bahasa
Gaya bahasa yang digunakan dalam
penyajian pesan-pesan bisnis secara lisan lebih menarik dan dinamis daripada
yang berbentuk tertulis karena cara penyampaiannya yang lebih santai, luwes,
dan tidak monoton. Di samping itu, melalui penyajian secara lisan penerima
pesan akan lebih mudah memahami maksud dan tujuan suatu pesan yang ditunjukkan
dengan penyampaian pesan-pesan secara langsung, pesan-pesan nonverbal yang
didukung dengan tampilan kata, huruf, gambar, bagan, dan tabel dalam format
animasi yang dinamis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar